Follow us on:

Pages

prestasi prodi



Kegiatan lembaga kemahasiswaan selai melakukan kegiatan kegiatan yang menunjang wawasan , lembaga kemahasiswaan juga berperang penting dalam menagani permasalahan permasalahan serta menampung keluhankeluhan atau aspirasi mahasiswa dalam proses belajar mereka . salah satu masalah yang baru baru ini terjadi di stikes mega resky makassar terkait dengan pungutan liar yang dilakukan oleh dosen terhadap sekelompok mahasiswa kebidanan………………..

Malam itu tanggal 5 september 2012, ny, H seorang gadis manis berkulit putih , mahasiswa kebidanan stikes mega resky makassar. Datang kerumah dosennya dengan tujuan perbaikan nilainya yang menunggak, tepatnya jalan hertasning pau-pau makassar. Dengan semangatnya Ny H datang bersama teman laki lakinya ke rumah dosen tersebut.
            Sesampainya pau-pau tempat tinggal dosen yang sering di sapa ibu jusni seorang dosen mata kulia ilmu kembang anak pada semester 5.dia akhirnya bertemu dengan dosen nya tersebut dan berharap akan diberikan penugasan untuk perbaikan nilainya . tapi apa yang terjadi malah justru sebaliknya , Ny H baru akan di perbaiki nilainya dengan catatan harus membelikan dispenser panas-dingin untuk ibu yusni atau kah membayar sebanyak dua ratus ribu kepadanya. Tapi ny. H lebih memilih memberikan uang dari pada repot-repot pergi belikan dispenser ujar ny H. tentunya Hal ini membuat perasaan ny H  menjadi campur aduk .
            “ seandainya uang itu saya pakai untuk belanja hal-hal yang penting, pasti akan lebih berguna dari pada harus diberikan dengan percuma kepada orang lain” kata Ny H . mendengar perkataan itu teman Ny H mulai merasa kasihan terhadap temannya karena sering mengeluh setelah memberikan uang itu kepada dosennya, dia kemudian melaporkan kejadian ini kepada lembaga kemahasiswaan stikes mega resky makassar dan meminta kepada teman teman lembaga untuk menyelesaikan masalah tersebut dan agar kedepannya tidak terjadi lagi hal yang sama ke mahasiswa yang lain .
            Setelah Ny H dipertemukan dengan anak-anak lembaga kemahasiswaan ,dia mengaku bahwa dia bukan satu –satunya korban dari pungutan liar yang di lakukan dosennya, banyak sekali teman temannya yang menjadi korban, ada yang disuruh bawa kipas angin , alat alat mobil, membayar dengan uang seperti yang dia lakukan dan bahkan di suruh membawa indomi sama telur dan bahkan kue . Tapi teman teman nya tidak ada yang mau mengaku dengan alasan mereka takut akan bermasalah dengan dosen tersebut. Cuma ny. H yang berani melaporkan kejadian itu.
Ny H sangat berharap agar semua dosen dosen yang seperti ibu yusni dikeluarkan dari stikes mega resky karna menurutnya masih banyak dosen dosen yang menurutnya yang lebih layak dipakai, yang lebih mengutamakan pendidikan dan kualitas mahasiswa.
            Setelah melaporkan kejadian ini kepada lembaga kemahasiswaan dan kejadian ini sudah diketahui banyak orang justru hal yang baru jurtru terjadi pada ny. H . dia kemudian di tuduh dan ny.H Lansung dihadapkan dengan prodi dengan  tuduhan pemalsuan tanda tangan dosen yang bersangkutan.
Tentunya ini menjadi tugas baru dari lembaga kemahasiswaan untuk menyelesaikan permasalahan dalam sepitas akademika.
kata salah satu anggota maperwa di bidang adfokasi dan aspirasi . “ kami memfasilitasi korban dari interfensi interfensi yang berupa nacaman terhadap nilai bagi mahasiswa, dan kami pun berharap dengan kami membantu menyelesaikan setiap permasalahan kami berharap dapat menciptakan proses belajar mengajar yang baik, dan bisa menyelesaikan permasalahan mahasiswa dengan diskusi.
Beberapa hari kemudian setelah korban melapor , HMJ kebidanan kemudian segerah mengambil tindakan dengan terlebih dahulu merapatkan dengan BEM dan Maperwa. Kemudian mencari data dan bukti secukupnya untuk dilanjutkan ke tingkat prodi.
Menurut pengakuan dari ketua HMJ kebidanan sodari Arniyati arifuddin yang sering disapah ninong seorang gadis tangguh penggemar warna ungu ini mengatakan “sebenarnya pertamanaya kami sudah mendapatkan data yang cukup tapi sayangnya data tersebut hilang jadi kami usahakan untuk mencari data nya lagi setelah melakukan beberapa penyelidikan terkait korban dan akhirnya kami pun dari HMJ kebidanan mendapatkan data yang cukup dan siap untuk di ajukan ke prodi”.
Dengan semua data yang di dapatkan , HMJ kemudian melaporkan ke prodi kebidanan dan membuat surat pernyataan sikap bahwa dosen tersebut tidak boleh di pakai lagi atau di berhentikan .
Setelah laporan masuk dan terdengar di prodi , meskipun sedikit kaget  prodi kebidanan menyambut baik aspirasi mahasiswa dan berterimah kasih kepada HMJ kebidanan atas kerja samanya . kata prodi kebidanan ibu nurbajani “ dosen tersebut tidak akan dipakai lagi untuk semester depan dengan tapi catatan dosen tersebut harus terlebih dahulu menyelesaikan kontraknya sampai pergantian semester dan kami juga mengharapkan kerja sama dari anak anak kami di lembaga kemahasiswaan ”.
Kata ny T angkatan 2011 salah satu mahasiswa kebidanan sttikes mega resky makassar “ semoga ini yang terakhir terjadi karna tentunya pasti akan merugikan sekali, kami sebagai mahasiswa jauh jauh menuntut ilmu bukan untuk di suruh membayar hal–hal yang tidak jelas atau diporoti  , dan saya pun berharap dosen tidak semenah - menah terhadap mahasiswa dan bisa konsisten dengan waktu yang sudah di sepakati .  
Sekarang permasalahan ini sudah terselesaikan dosen yang bersangkutan tidak akan dipakai lagi untuk semester depan . tentunya ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan untuk lembaga kemahasiswaan dan prodi kebidanan ,yang selain bisa bertindak tegas terhadap mahasiswa ,prodi kebidanan juga bertindak tegas bagi dosen dosen yang melanggar dan merugikan mahasiswa ………………………